“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

27 March 2020

Pengertian Ancaman Negara

Rochimudin | 27 March 2020 | 1:39 PM |
Ancaman terhadap negara
(Sumber: merdeka.com)
Keanekaragaman bangsa merupakan sebuah potensi, tantangan dan ancaman tersendiri. Disebut sebagai potensi karena membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang berlimpah, baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung serta investor untuk menanamkan modalnya. Selain itu, kebhinekaan bangsa juga merupakan sebuah tantangan bahkan ancaman. Kebhinnekaan menjadikan penduduk Indonesia mudah berbeda pendapat dan mudah tumbuhnya perasaan kedaerahan yang sempit sehingga sewaktu-waktu dapat menjadi ledakan yang mengancam integrasi nasional dan persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, semua harus waspada terhadap segala bentuk ancaman yang dapat memecah belah persatuan. 

Pada pokok bahasan ini, peserta didik diajak untuk mewaspadai ancaman terhadap integrasi nasional dibidang ipoleksosbudhankam. Pada akhirnya, kalian diharapkan mampu berperan serta mengatasi berbagai ancaman dalam rangka membangun integrasi nasional. 

Coba kalian amati peta tersebut, tunjukkan dan lihat posisi negara Indonesia yang berada di tengah negara lain. Indonesia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia, serta berada di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Letak geografis itu menunjukkan bahwa wilayah Indonesia berada pada posisi silang yang strategis. 

Peta NKRI terbaru 2017
(Sumber: Badan Informasi Geospasial)

Posisi silang Indonesia tidak hanya meliputi aspek kewilayahan saja, melainkan meliputi pula aspek-apek kehidupan sosial, antara lain: 

1. Penduduk Indonesia berada di antara wilayah berpenduduk padat di belahan utara dan wilayah berpenduduk jarang di selatan. 

2. Demokrasi Pancasila berada di antara demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan. 

3. Ekonomi Indonesia berada di antara sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan. 

4. Kebudayaan Indonesia berada di antara kebudayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan 

5. Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia berada di antara sistem pertahanan kontinental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan dan timur. 

Indonesia terdiri dari berbagai perbedaan yang meliputi suku bangsa, bahasa, adat istiadat, bahkan agama, namun dapat hidup dengan damai dan tenteram. Hal itu karena kita menyadari pentingnya persatuan di atas keberagaman untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional. 

Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia berada diantara sistem pertahanan kontinental di belahan utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan dan timur. Posisi silang yang strategis merupakan sebuah potensi sekaligus ancaman bagi bangsa dan negara Indonesia. 

Menjadi sebuah potensi apabila memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa serta memperkokoh keberadaan Indonesia sebagai negara yang diperhitungkan perannya dalam mewujudkan perdamaian dunia. Akan tetapi, posisi silang ini mejadikan Indonesia sebagai negara yang rentan dari ancaman yang dapat memecah belah persatuan. 

Ancaman negara adalah setiap usaha dan kegiatan, baik berasal dari luar maupun dari dalam negeri sendiri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa Indonesia. Ancaman tersebut berupa ancaman militer dan non-militer. Selanjutnya diuraikan ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia, baik berupa ancaman militer maupun non-milter.

No comments:

Post a Comment

//