“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

29 October 2013

Resep Kaya Para Milyuner IT

Rochimudin | 29 October 2013 | 11:06 AM |
Berikut ini resep rahasia sukses para milyuner dalam bidang Informasi Teknologi (IT) di dunia. Mereka sukses dengan ketekunan dan berani mencoba serta tidak takut gagal. Tidak pernah mengeluh meskipun tempat belajar hanya di garasi. Selengkapnya baca liputan berikut yang saya kutip dari detik.com. Semoga anda besok menjadi orang yang secara finansial kaya melebihi mereka.

1. Mark Zuckenberg

Mark Zuckenberg (dok: detik.com)
Sang pendiri dan CEO Facebook adalah miliuner muda terkaya di dunia. Kekayaannya tidak dicapai dalam sekejap, melainkan kombinasi dari kerja keras dan berani mencoba.

"Bergeraklah cepat. Tidak mengapa untuk mencoba sesuatu yang besar. Lebih baik Anda mencoba dan gagal, kemudian belajar dari kegagalan itu ketimbang tidak melakukan sesuatu sama sekali," paparnya.

Zuckerberg sendiri mengawali Facebook di bangku universitas dengan modal nekat bersama teman-teman dekatnya. Ia berambisi menciptakan jejaring sosial yang besar dan akhirnya sukses besar.

"Pokoknya kamu harus bergerak cepat dan mau mencoba banyak hal," tegasnya lagi.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos (dok: detik.com)

Dari sebuah garasi sederhana, Jeff Bezos sukses membawa Amazon menjadi website retail terbesar di dunia. Ia memiliki kekayaan USD 28,5 miliar. Luar biasa melimpah harta kepunyaannya.

"Kebanyakan orang, tapi aku tidak termasuk, percaya bahwa kita harus hidup untuk masa sekarang. Aku pikir apa yang harus kamu lakukan adalah berpikir tentang masa depanmu dan cobalah merencanakannya dengan cara yang akan membuatmu sangat puas," tukas Bezos.

Merencanakan masa depan dengan sebaik-baiknya sehingga tidak meninggalkan penyesalan, barangkali itulah inti perkataan Bezos. Dia juga memberi nasehat untuk keras kepala dan fleksibel.

"Jika kamu tidak keras kepala, kamu akan menyerah dalam suatu eksperimen terlalu cepat. Dan jika kamu tidak fleksibel, kamu tidak akan melihat solusi berbeda dari masalah yang kamu hadapi," tambahnya.

Dalam berbisnis, Bezos juga menekankan pentingnya memahami secara detail. "Jika kamu tidak memahami bisnismu secara detail, kamu akan gagal,".

3.  Bill Gates

Bill Gates (dok: detik.com)
Berulangkali dinobatkan sebagai manusia terkaya di dunia, Bill Gates jelas berlimpah uang. Seperti apa tips kesuksesan dari bos Microsoft ini?

"Kebanyakan orang yang melakukan sesuatu dengan sangat baik telah menemukan sesuatu yang membuat mereka tergila-gila," sebut Gates yang menekankan passion dalam suatu pekerjaan adalah sangat penting.

"Jika yang kamu lakukan adalah sesuatu yang mungkin berdampak besar, kamu juga akan merdeka secara finansial," lanjutnya.

Dia menambahkan pula bahwa punya ambisi besar sangatlah penting. "Menjadi ambisius itu penting. Tapi kamu harus senang melakukan apa yang ingin kamu lakukan," tambahnya lagi.

"Jangan banding-bandingkan dirimu dengan siapapun di dunia ini. Jika kamu melakukannya, berarti kamu mengina dirimu sendiri,"

4. Steve Jobs

Steve Jobs (dok: detik.com)
Mendiang Steve Jobs, sang legenda di dunia teknologi dan pendiri Apple, menekankan pentingnya mengejar impian tanpa menyerah.

"Suatu hari, tidak lama dari sekarang, kamu akan menjadi tua dan 'dibersihkan. Sori jika terlalu dramatis, namun itu kenyataan yang cukup benar,"

"Waktumu itu terbatas, jadi jangan buang untuk mencoba menjadi orang lain," kata Jobs.

Waktu yang terbatas merujuk pada kehidupan manusia yang sebentar. Jadi harus dimanfaatkan dengan maksimal.

"Jangan biarkan pendapat orang lain menenggelamkan suara di dalam batinmu. Dan yang paling penting, miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisimu," tambahnya.

5. Larry Ellison

Larry Ellison (dok: detik.com)
Larry Ellison adalah salah satu orang terkaya di dunia teknologi berkat kesuksesan Oracle, raksasa software enterprise. Salah satu rahasia suksesnya adalah fokus dan bekerja keras.

"Aku berpikir soal bisnis sepanjang waktu. Bahkan saat aku sedang liburan atau berada di kapalku, aku selalu akses email. Aku selalu mencari di internet soal apa yang dilakukan oleh kompetitor," tukas Ellison.

Ellison juga sangat ambisius. Ambisi utamanya adalah mengalahkan Microsoft dan menjadi produsen software terbesar di dunia.

"Aku sangat berorientasi pada tujuan. Aku suka memenangkan piala. Aku ingin Oracle menjadi perusahaan software nomor satu di dunia. Aku pikir masih mungkin untuk mengalahkan Microsoft," tukasnya suatu ketika.
Referensi:
http://inet.detik.com/read/2013/10/29/084831/2398005/398/ssstt-ini-rahasia-kaya-raya-para-miliuner-teknologi?i991101105

No comments:

Post a Comment

//