“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

28 February 2015

Kata Pengantar

Rochimudin | 28 February 2015 | 1:02 AM |

Isi atau konten blog berkaitan dengan Pancasila dan materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penulis juga dapat menerima artikel dari siswa ataupun pembaca dengan cara mengirim artikel ke email saya (lihat kontak). Mohon kritikan dan saran apabila ada yang tidak berkenan dalam pemuatan artikel di blog ini. Terima kasih.

Puji syukur kami haturkan ke hadirat Alloh SWT, karena dengan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan Bahan Ajar PPKn berbantuan Blog yang berjudul “Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara”. Meskipun banyak tantangan yang kami hadapi dalam proses penyusunan, tetapi akhirnya berhasil menyelesaikan bahan ajar ini.

Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMA 5 Semarang yang telah membantu dan membimbing kami dalam mengerjakan bahan ajar ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada rekan guru yang sudah memberi dorongan semangat dalam pembuatan bahan ajar ini.

Blog Pancasila dibuat sebagai sarana bahan ajar pembelajaran tentang Nilai-Nilai Pancasila bagi siswa dan pembaca untuk mengenal dan memahami Pancasila dan negara kita secara lebih baik. Pada mata pelajaran PPKn di Kelas X SMA, salah satunya mempelajari pokok bahasan tentang Pancasila. Di era global ini, Pancasila sebagai ideologi nasional menghadapi banyak tantangan. Sebagai ideologi terbuka, Pancasila berinteraksi dengan ideologi-ideologi lain, Oleh karena itu dinamika perjalanan Pancasila diharapkan mampu menjawab tantangan dan kebutuhan jaman.

Terbersit harapan supaya bahan ajar ini dapat berguna dan membantu peserta didik dalam pembelajaran membangun kesadaran sebagai warga negara yang baik. Karena membangun kesadaran berbangsa dan bernegara bagi peserta didik sebagai warga negara yang masih hipotetik atau belum jadi merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai guru.

Berdasarkan pertimbangan dan pemikiran di atas, penulis membangun bahan ajar berbantuan blog, selanjutnya disebut Blog Bahan Ajar Pancasila dengan teriring harapan dapat mempermudah siswa dalam belajar dan membantu pembaca dengan berbagi, berkomunikasi dan berinteraksi.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan modul ini masih membutuhkan kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran agar sempurna modul menjadi inovasi pembelajaran. Sekali lag,i Penulis berharap semoga ini dapat bermanfaat bagi penulis dan siswa khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Semarang, 13 Juni 2016
Penyusun

No comments:

Post a Comment

//