“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

08 September 2015

Ciri Khusus HAM

Rochimudin | 08 September 2015 | 11:33 AM |
Salah satu tuntutan warga.
Dok gambar: solopos.com
Hak asasi manusia memiliki ciri-ciri khusus apabila dibandingkan dengan hak-hak yang lain. Ciri khusus hak asasi manusia yaitu:
  1. Tidak dapat dicabut, artinya hak asasi manusia tidak dapat dihilangkan atau diserahkan kepada siapapun.
  2. Tidak dapat dibagi, artinya semua orang berhak mendapatkan semua hak, misalnya hak sipil dan politik atau hak ekonomi, sosial, dan budaya.
  3. Hakiki, artinya hak asasi manusia adalah hak asasi semua umat manusia yang sudah ada sejak lahir sebagai anugerah Tuhan.
  4. Universal, artinya hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa memandang status, suku bangsa, gender, atau perbedaan lainnya. Persamaan adalah salah satu dari ide-ide hak asasi manusia yang mendasar.
Pelaksanaan Hak Asasi Manusia menimbulkan kewajiban-kewajiban asasi. Perbenturan kepentingan antara seseorang dengan yang lain sering terjadi. Dalam penerapannya, hak asasi manusia tidak dapat dilaksanakan secara mutlak karena dapat mengakibatkan pelanggaran terhadap hak asasi manusia itu sendiri (hak asasi orang lain). Disini pelaksanaan HAM harus secara bertanggung jawab dengan memperhatikan Pancasila dan hukum yang berlaku.

No comments:

Post a Comment

//