02 April 2013

Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

rochim udin | 02 April 2013 | 21.09 |

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Semarang
Kelas / Semester : XII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit


A.  Standar Kompetensi:  
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.

B.  Kompetensi Dasar           :   
1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi:
  • 1.   Menjelaskan makna ideologi negara
  • 2.   Menjelaskan  unsur-unsur  yang terkandung dalam ideologi
  • 3.   Mendeskripsikan macam-macam-macam ideologi
D.  Tujuan Pembelajaran   
Melalui diskusi peserta didik dapat:
  • 1.   Menjelaskan makna ideologi negara
  • 2.   Menjelaskan  unsur-unsur  yang terkandung dalam ideologi
  • 3.   Mendeskripsikan macam-macam-macam ideologi


E.  Materi Pembelajaran   

Makna idiologi negara:
  • Ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita, sedangkan logos berarti ilmu. Menurut istilah ideologi berarti ilmu pengertian pengertian dasar, cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham.
  • Ideologi sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup (Kamus besar bahasa Indonesia).
  • Ideologi adalah sekumpulan gagasan, ide, keyakinan, kepercayaan, cita-cita yang menyeluruh dan sistematis dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan keagamaaan (Nur Wahyu Rochmadi, 3: 2007).
  • Ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita, sedangkan logos berarti ilmu. Menurut istilah ideologi berarti ilmu pengertian pengertian dasar, cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham.
  • Ideologi sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup (Kamus besar bahasa Indonesia).
Unsur-unsur ideologi: Menurut John B Thomson unsur-unsur yang terkandung dalam idiologi adalah sebagai berikut :
- Interpretasi
- Etika
- Retorika

Macam-macam ideologi di dunia:
Dalam ilmu sosial, ideologi politik adalah sebuah himpunan ide dan prinsip yang menjelaskan bagaimana seharusnya masyarakat bekereja, dan menawarkan ringkasan masyarakat tertentu. Ideologi politik biasanya mengenai dirinya dengan bagaimana mengatur kekuasaan dan bagaimana seharusnya dilaksanakan.

Teori komunis Karl Marx, Friedrich Engels dan pengikut mereka, sering dikenal dengan marxisme, dianggap sebagai ideologi politik paling berpengaruh dan dijelaskan lengkap pada abad 20.

Contoh ideologi lainnya termasuk: anarkisme, kapitalisme, komunisme, komunitarianisme, konservatisme, neoliberalisme, Demokrasi Islam, demokrasi kristen, fasisme, monarkisme, nasionalisme, nazisme, liberalisme, libertarianisme, sosialisme, dan demokrat sosial.

F.  Model/pendekatan/metode pembelajaran
  • ·  Inkuiri
  • ·  Diskusi
  • ·  Tanya Jawab
Model Pembelajaran yang digunakan adalah Gambar dipasangkan / dikelompokan secara logis (picture & picture).

G. Kegiatan Pembelajaran


No
Kegiatan
Nilai Karakter
Waktu
Ket.
1.
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
  • Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran dengan: mengabsen siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
  • Guru menyampaikan pokok materi pembahasan.
  • Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan tentang:
  1. Menjelaskan makna ideologi negara
  2. Menjelaskan  unsur-unsur  yang terkandung dalam ideologi
  3. Mendeskripsikan macam-macam-macam ideologi
Motivasi:
Menginformasikan KD dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.

Komunikatif
10 menit

2
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
  • Guru menunjukkan atau memperlihat- kan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
    Dalam proses penyajian materi, guru mengajar siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengamati setiap gambar yang ditunjukan oleh guru atau oleh temannya. Dalam perkembangakan selanjutnya guru dapat memodifikasikan gambar atau mengganti gambar dengan video. Guru mengemukakan konsep / permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa.

  Guru menunjuk atau memanggil siswa secara bergantian memasang / mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
Di langkah ini guru dapat melakukan inovasi karena penunjukan secara langsung kadang kurang efektif dan siswa merasa terhukum. Salah satu cara adalah dengan undian, sehingga siswa merasa memang harus menjalankan tugas yang harus diberikan.

 Guru membagi gambar-gambar yang sudah ada, siswa untuk diurutan, dibuat, atau dimodifikasi..

Elaborasi:
  • Guru menanyakan alasan/dasar pemi- kiran urutan gambar tersebut.
    Setelah itu ajaklah siswa menemukan  jalan cerita, atau tuntutan KD dengan indikator yang akan dicapai. Ajaklah sebanyak-banyaknya peran siswa dan teman yang lain untuk membantu sehingga proses diskusi dalam PBM semakin menarik. Tiap kelompok dengan dipilih acak maju menyampaikan hasil diskusinya, guru mencatat di papan dan mengelompokan jawaban.
  •  
  • Dari alasan urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
    Dalam proses diskusi dan pembacaan gambar ini guru harus memberikan penekanan-penekanan pada hal ini dicapai dengan meminta siswa lain untuk mengulangi, menuliskan atau bentuk lain dengan tujuan siswa mengetahui bahwa hal tersebut penting dalam pencapaian KD dan indicator yang telah ditetapkan. Pastikan bahwa siswa telah menguasai indikator yang telah ditetapkan. Guru memberi perbandingan sesuai dengan konsep yang telah disediakan.

Konfirmasi:
  • Kesimpulan. Guru bersama siswa mengambil simpulan sebagai penguatan materi pelajaran.

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

  • Guru memberikan pelurusan dan penguatan.
Tanggung jawab, Berpikir kritis, logis dan inovatif, dan demokratis.
65 menit
Tugas kelompok (presentasi hasil diskusi)
3
Penutup:
  • Siswa dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang Pancasila sebagai ideologi terbuka.
  • Siswa melakukan refleksi manfaat mempelajari Pancasila sebagai ideologi terbuka.
  • Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.


15 menit

Jumlah keseluruhan waktu
90 menit


H.  Sumber dan Alat pembelajaran
Sumber :
  • a. Drs. Chotib, dkk. 2007. Kewarganegaraan 3 Menuju Masyarakat Madani. Yudhistira: Jakarta.
  • b. Tim Penulis. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XII. Semarang: Pemkot Semarang.
  • c. Tim MGMP PKn Kota Semarang. 2012. LKS PKn Kelas XII. Semarang.
  • d. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV. Bandung: Citra Umbara.
  • e. www.wikipedia.org
 I.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
  1. Menjelaskan makna ideologi negara
  2. Menjelaskan  unsur-unsur  yang terkandung dalam ideologi
  3. Mendeskripsikan macam-macam-macam ideologi
 Tes tertulis
 TugasKelompok
 Uraian
 Laporan hasil diskusi
·     Lampiran 1
·     Lampiran 2

Mengetahui,                                                                 Semarang, 16 Juli 2012
Kepala SMA Negeri 5 Semarang                                 Mata Pelajaran




      Drs. Waino S, S.Pd, M.Pd.                                           Rochimudin, S.Pd.
      NIP.  19550701 198703 1 003                                      NIP. 19760121 200701 1 005

Lampiran 1
SOAL URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.
1.     Apakah fungsi ideologi bagi sebuah negara?
2.     Jelaskan 3 unsur-unsur ideologi!
3.     Jelaskan yang dimaksud ideologi komunis dan fasis!
4.     Sebutkan 3 perbedaan antara ideologi liberal dan Pancasila!
5.     Mengapa Pancasila termasuk sebuah ideologi?

Kunci dan Skor Penilaian Soal Uraian:
Kunci Jawaban:
1. Ideologi negara memberikan orientasi yang lebih eksplisit dan terarah kepada keseluruhan sistem masyarakat dalam berbagaiaspeknya dan dilakukan dengan cara dan penjelasan yang lebih logis dan sistematis.

2. Unsur-unsur ideologi:
Menurut John B Thomson unsur-unsur yang terkandung dalam idiologi adalah sebagai berikut :
  • - Interpretasi
  • - Etika
  • - Retorika
3.  Yang dimaksud ideologi komunis dan fasis adalah Komunisme atau Marxisme adalah ideologi dasar yang umumnya digunakan oleh partai komunis di seluruh dunia. sedangkan komunis internasional merupakan racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut "Marxisme-Leninisme". ecara umum komunisme berlandasan pada teori Materialisme Dialektika dan Materialisme Historis oleh karenanya tidak bersandarkan pada kepercayaan mitos, takhayul dan agama dengan demikian tidak ada pemberian doktrin pada rakyatnya, dengan prinsip bahwa "agama dianggap candu" yang membuat orang berangan-angan yang membatasi rakyatnya dari pemikiran ideologi lain karena dianggap tidak rasional serta keluar dari hal yang nyata (kebenaran materi).
4. Liberal:
  • a.      Kebebasan mutlak.
  • b.     Kepentingan individu lebih diutamakan.
  • c.      Persaingan bebas atau pasar dalam ekonomi.
Pancasila:
a.   Kebebasan bertanggung jawab.
b.   Keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan bersama, kepentingan umum/kewajiban lebih diutamakan.
c.   Menghindari persaingan bebas dalam ekonomi.

5.   Karena memenuhi unsur-unsur ideologi beserta dimensi-dimensinya.


Skor Penilaian Soal Uraian:
No. SOAL
SKOR
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2
Jumlah
10
Nilai akhir = jumlah skor

Related Post:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//